PENGUATAN EMIS
SEMESTER GANJIL TP 2014-2015
Brainstorming Pendataan
Data dan Perencanaan Program:
1. Membangun data itu mahal dan sulit, tapi jauh lebih mahal dan sulit membangun tanpa data
2. Pengambilan kebijakan harus didukung perencanaan yang baik
3. Proses perencanaan yang baik harus didukung dengan ketersediaan data yang berkualitas baik
4. Empat kriteria umum pengukuran data; lengkap, akurat, relevan dan tepat waktu.
5. Terdapat hubungan yang kuat antara pengambilan kebijakan, perencanaan dan pendataan
6. Kualitas perencanaan anggaran ditentukan kualitas perencanaan program
7. Anggaran program pendidikan islam memiliki porsi sekitar 85% dari anggaran Kemenag
8. Untuk peningkatan kualitas perencanaan program pendidikan islam diperlukan penguatan data pendidikan islam (EMIS).
Kondisi Ideal Data EMIS:
1. Data EMIS menjadi sumber utama referensi data di lingkup Ditjen Pendidikan Islam, baik di pusat maupun daerah.
2. Data EMIS terupdate secara periodik.
3. Data EMIS terjamin kelengkapan, keakuratan dan ketepatan waktunya.
4. Data EMIS dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan untuk berbagai keperluan, terutama untuk mendukung perencanaan dan pengambilan kebijakan.
Jenis Lembaga Yang Menjadi Objek Pendataan
1. Raudhtaul Athfal (RA)
2. Madrasah Ibtidaiyah (MI)
3. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
4. Madrasah Aliyah (MA)
5. Pondok Pesantren.
6. Madrasah Diniyah
7. TPQ
Jenis Personal (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) detail by name
1. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada RA
2. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada MI
3. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada MTs
4. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada MA
5. Pengawas Madrasah
6. GPAIS
7. Pengawas PAIS
Jenis Peserta Didik yang didata adalah :
1. Siswa pada RA.
2. Siswa pada MI.
3. Siswa pada MTs
4. Siswa pada MA
untuk form pendataan EMIS dalam format excell dapat didownload di:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar